(123) 456-7890 [email protected]

Membuat Sense of Cholesterol Ratios, Profil Lipid dan Skor Risiko Penyakit Jantung Anda

Ini sangat mungkin pekerjaan laboratorium pesanan MD Anda dan Anda tidak tahu apa atau mengapa Anda memiliki darah diambil. Nah, mari kita menjernihkan kebingungan ketika datang ke laboratorium kolesterol Anda.

Istilah "lipid panel", "profil lipid", dan "profil lipoprotein" digunakan secara bergantian untuk memesan set laboratorium yang sama. Untuk mempermudah pembacaan ini, saya akan menggunakan "profil lipid" mulai saat ini.

"Lipid" hanyalah istilah medis untuk "gemuk". Profil lipid mengukur zat-zat berlemak di dalam darah Anda. Kolesterol adalah salah satu jenis lemak.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau ketika tubuh Anda menghasilkan kolesterol dan melepaskannya ke dalam aliran darah Anda, kolesterol akan melekat pada protein. Paket kolesterol ini ditambah protein disebut lipoprotein (lipid atau lemak plus protein). Profil lipid mengukur kadar lipoprotein dalam darah Anda.

Profil lipid mencakup lima komponen:

LDL – kolesterol "jahat"
LDL (low-density lipoprotein) kolesterol membawa sebagian besar kolesterol, beberapa protein, dan trigliserida minimal di seluruh sirkulasi Anda. LDL harus kurang dari 130 mg / dL, idealnya kurang dari 100 mg / dL.

VLDL – kolesterol "jahat"
VLDL (sangat low-density lipoprotein) kolesterol mengandung protein minimal dan terutama mengangkut trigliserida. VLDL harus kurang dari 40 mg / dL.

Trigliserida
Trigliserida adalah sejenis lemak dalam darah, bukan sejenis kolesterol. Trigliserida sering digunakan untuk memperkirakan VLDL (kolesterol "jahat"). Berikut perhitungannya: trigliserida dibagi 5 sama dengan VLDL kolesterol. Trigliserida harus kurang dari 200 mg / dL, idealnya kurang dari 150 mg / dL.

HDL – kolesterol "baik"
HDL (high-density lipoprotein) kolesterol menghilangkan kolesterol dari aliran darah Anda dan membawanya kembali ke hati. Saya suka berpikir tentang HDL sebagai penyedot debu, mengambil daun LDL kolesterol di belakang arteri Anda, semakin HDL semakin baik. HDL harus lebih besar dari 40 mg / dL, idealnya lebih besar dari 60 mg / dL.

Total kolesterol
Kolesterol sangat penting untuk fungsi tubuh, seperti membangun sel dan memproduksi hormon. Namun, terlalu banyak kolesterol akan menumpuk di dinding arteri, membentuk plak, dan berpotensi "menyumbat" arteri yang mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Kolesterol total dihitung dari komponen di atas (Total kolesterol = HDL + LDL + VLDL). Kolesterol total harus kurang dari 200 mg / dL.

Apakah Anda melihat bagaimana jika Anda hanya mengetahui total kolesterol Anda, Anda hanya memiliki satu bagian dari profil lipid?

Sekarang, terkadang hasil Anda akan menyertakan rasio atau skor risiko. Berikut penjelasan tentang arti angka-angka itu.

Skor Risiko
Skor risiko didasarkan pada hasil profil lipid Anda, jenis kelamin, usia, riwayat keluarga, dan berbagai faktor risiko lainnya. Jika Anda memiliki skor risiko tinggi untuk penyakit jantung, sebaiknya berbicara dengan MD Anda untuk mengevaluasi skor risiko Anda.

Kolesterol: Rasio HDL
Anda menginginkan rasio kolesterol rendah terhadap HDL. Sebuah rasio yang lebih rendah dari 4,5 adalah baik, tetapi 2 atau 3 adalah yang terbaik. Anda dapat menghitung kolesterol Anda dengan rasio HDL dengan membagi kolesterol total dengan HDL. Misalnya, total kolesterol Anda adalah 195 dan HDL Anda adalah 55. 195 dibagi 55 sama dengan rasio 3,5.

Sebenarnya bukan kolesterol total Anda yang memiliki dampak terbesar pada risiko penyakit jantung Anda. Rasio total kolesterol terhadap HDL merupakan faktor penting. Jika total kolesterol Anda kurang dari 200, tetapi rasio Anda adalah 5, Anda masih berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit jantung.

LDL: Rasio HDL
Rasio ini membandingkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dengan tingkat kolesterol baik Anda (HDL). Anda menginginkan rasio kurang dari 3,5, idealnya kurang dari 2,5. Untuk menghitung rasio Anda, bagilah LDL oleh HDL. Misalnya, HDL Anda adalah 55 dan LDL adalah 100. 100 dibagi dengan 55 sama dengan rasio 1,8.

Trigliserida: Rasio HDL
Rasio trigliserida rendah terhadap HDL adalah yang terbaik, idealnya kurang dari 2. Untuk menghitung trigliserida Anda dengan rasio HDL, bagi trigliserida Anda dengan HDL. Misalnya, kadar trigliserida Anda adalah 200 dan HDL Anda adalah 55,200 dibagi 55 sama dengan rasio 3,6.

Profil lipid biasanya diperintahkan untuk menilai risiko penyakit jantung Anda. Dokter atau ahli diet Anda akan menggunakan hasil untuk menentukan pengobatan terbaik untuk mengurangi risiko Anda.

Profil lipid bermanfaat, karena Anda tahu kadar kolesterol "baik" dan kadar kolesterol "jahat" Anda. Intervensi yang paling baik meningkatkan HDL dan menurunkan LDL, jadi mengetahui semua angka Anda membantu Anda melakukan perubahan yang paling efektif.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa profil lipid tidak selalu dipesan dibandingkan hanya memeriksa total kolesterol Anda (dan mungkin HDL). Biaya dan waktu selalu berperan dan jika risiko Anda untuk penyakit jantung rendah, maka skrining yang cepat dan lebih murah masuk akal. Jika Anda berisiko tinggi, penilaian yang lebih lengkap (profil lipid) mungkin lebih tepat. Situasi setiap orang unik, jadi yang terbaik untuk mendiskusikan apa yang tepat untuk Anda dengan MD Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *